Senin, 16 November 2009

Dua Desa di Gambut Diamuk Puting Beliung


MARTAPURA, SELASA - Puting beliung kembali melanda Banjar, Senin (16/11). Sebanyak 27 rumah di Desa Malintang Baru dan Desa Kayu Bawang mengalami kerusakan. Untungnya tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.00 Wita. Kerusakan lebih parah terjadi di Desa Malintang Baru, yakni 16 rumah rusak. Sedangkan di Desa Kayu Bawang 11 rumah yang rusak.

Selain bangunan rumah, puting beliung disertai hujan deras mengakibatkan sejumlah pohon berukuran besar di tepi Jalan Gubernur Soebarjo tumbang dan sempat mengganggu arus lalu lintas.

Menurut Pembakal Kayu Bawang, Ismed, kerusakan paling banyak terjadi di RT 4, yakni delapan rumah. Di RT ini juga terjadi gangguan listrik karena banyak kabel ada yang putus. "Bahkan hingga malam sebagian RT 4 masih gelap karena kerusakan listrik belum bisa diperbaiki," kata Ismed.

Untuk sementara, sebagian warga yang rumahnya mengalami kerusakan parah dipinjami terpal atau tenda inventaris desa. "Tapi sebagian besar meginap di rumah keluarganya masing-masing," katanya.

Setelah hujan reda, warga bergotong royong memperbaiki rumah yang mengalami rusak ringan. "Selain bergotong royong memperbaiki rumah, kami juga harus kerja keras memotong pohon-pohon yang tumbang. Sebab arus lalu lintas jadi terganggu," kata Ismed.

Pada 2008 lalu kejadian serupa juga pernah terjadi di dua desa itu. Kala itu sebanyak 19 rumah mengalami kerusakan.

"Sementara sudah kita tangani. Untuk bantuan secara lisan sudah kami sampaikan ke Dinas Sosial Banjar. Kemungkinan besok (hari ini, Red) akan didistribusikan kepada para korban," ujar Camat Gambut Abdul Razak. (ofy)

Sumber: Banjarmasin post

0 komentar:

 

Goresan Biasa Copyright © 2008 Black Brown Art Template designed by Ipiet's Blogger Template