Kamis, 27 September 2012

Tuyet: Kisah Dari Perang Vietnam



Dimanapun kita berada, perang merupakan peristiwa yang sangat memillukan dan banyak memakan korban. Tak tanggung-tanggung, selain banyak menumpahkan darah dari orang dewasa, orang tua sampai anak kecil, disamping itu bangunan infrastruktur mengalami kerusakan parah bahkan mengakibatkan luluh lantah sama dengan tanah. Tiga faktor penyebab terjadinya perang, yakni kepentingan politik (kekuasaan), ekonomi dan agama atau yang sering dikenal dengan 3 G (Gold, glory dan gospel). Namun tidak hanya faktor itu saja, tapi ada faktor-faktor lainnya.

Tuyet dalam  bahasa Indonesia memiliki arti salju merupakan seorang gadis Vietnam Selatan yang hidup sebagai salah satu korban dari perang vietnam. Ia terjepit diantara niat menyelamatkan ayahnya dengan kekuasaan represif negerinya yang mengancam dan berjuang menjaga kehormatannya. Ayahnya merupakan korban konspirasi penguasa yang tidak menyukai kejujuran, dan pada akhirnya akan di hukum mati. Hanya satu tebusan agar ayahnya selamat dari hukuman tersebut, yakni Tuyet harus membayar uang sebesar 25.000 piaster untuk mencabut hukuman mati ayahnya dengan rincian boleh bayar uang muka 15.000 piaster  dulu, sisanya 10.000 piaster boleh dicicil dengan syarat Tuyet harus tidur dengannya (mayor laksus) kapanpun ia memerlukan.


Sementara  itu di bulan Agustus 1964, presiden Lyndon Johnson yang baru 9 bulan menggantikan presiden John Kennedy yang terbunuh, memerintahkan pemboman pertama di Vietnam Utara. Tiga tahun serangan udara rolling thunder luar biasa dahsyat itu telah membadaikan bom nyaris rata ke atas bumi Vietnam Utara, lebih banyak ketimbang bom yang dijatuhkan selama perang dunia II di seluruh medan pertempuran Eropa, Afrika dan Asia. Bumi Vietnam Selatan juga di genjot bopeng dengan bom, di tempat-tempat yang dicurigai ada Viet Cong. Sepanjang 5 tahun pertama, baik Vietnam Utara maupun Selatan telah dibelasah  22.000 kg bom untuk setiap tanah 1 mil persegi, atau kalau dihitung dari jurus lain, 111 kg bahan peledak dituangkan ke ubun-ubun setiap kepala lelaki, perempuan dan tak terkecuali anak-anak Vietnam.

Intervensi Amerika Serikat ini menyebabkan kematian 2,6 a te manusia vietnam. Infrastuktur industri vietnam utara telah diluluh lantakkan oleh 7 juta tom bom. Dibagian terbesar vietnam selatan, diatas tanah seluas pulau Jawa pepohonan dan dedaunannya tandus dan gersang dikunyahnya oleh pemboman itu, kawah-kawah bertebaran dimana-mana. Jumlah pasukan AS dari 23.000 orang naik menjadi 184.000 orang, di tahun 1966 melebihi angka 385.000 orang dan pada 1969 mencapai puncak yakni 542.000 orang.

Dalam kurun waktu antara agustus1964, yakni pemboman pertama angkatan udara  AS di Vietnam Utara sampai dengan 30 april 1974, ketika Saigon, ibukota Vietnam Selatan jatuh dengan kata lain AS bertekuk lutut kepada Viet Cong, berlansung perang besar di negara tetangga kita itu, antara bangsa Vietnam yang dibelah ideologi.

Selama sepuluh tahun itu media massa dunia, termasuk media massa Indonesia tak pernah hentinya setiap harinya memberitakan perang besar yang menelan korban jiwa 2,6 juta manusia Vietnam dan makan biaya 82,1 juta dolar seharinya itu. Tapi walaupun jarak jakarta – sama dekatnya dengan Jakarta-Gorontalo atau Jakarta-Kupang, bahkan cuma separuh jarak Jakarta-Jayapura, dampak perang itu.

Pengarang: Bur Rasuanto
Terbit tahun 1978 edisi pertama
Kata Pengantar: Taufik Ismail
Tabel: rangkuman/ resensi/ sastra

0 komentar:

 

Goresan Biasa Copyright © 2008 Black Brown Art Template designed by Ipiet's Blogger Template