Selasa, 18 September 2012

Holland



“Woon jij hier?” Seorang kebangsaan Belanda bertanya kepada kenalan barunya
“Nee, ik woon hier niet” jawabnya

Holland atau yang terkenal dengan nama negeri kincir angin merupakan salah satu negara bagian dari Eropa Barat. Negeri yang dikelilingi oleh laut ini juga terkenal dengan sebutan negeri tulip, karena pada musim tertentu, bunga tulip akan mekar menghiasi taman-taman yang ada di Belanda.

Di sanalah kakek Hj Asmah dilahirkan. Negeri Holland adalah negeri kenangan bagi beliau. Karena sampai hari ini, Hj Asmah tak pernah menginjakkan kakinya ke negeri itu. Dan cerita-cerita tentang Holland pun tak pernah bergema di telinganya, sebab sang kakek enggan menceritakannya.  Kakek Hj Asmah adalah salah seorang tentara kolonial Belanda yang di kirim ke Kalimantan Selatan untuk menakhlukan wilayah ini, namun dalam perjalanan hidup, sang kakek insaf dan tak mau pulang negerinya. Kemudian sang kakek menikah dengan seorang wanita asli penduduk Kalsel di wilayah HSS dan masuk Islam. Dalam pernikahan tersebut, sang kakek dikaruniai beberapa orang anak.


Lelaki bertubuh jangkung dan berhidung mancung ini, menurut Hj Asmah sangatlah pendiam.

“alhmarhum Kai dahulu sangat pendiam, dan beliau kada pernah mengisahkan tentang beliau. Bahanu, cucu-cucunya mewarahi beliau lawan sambatan “kai orang Belanda”, tapi sidin hanya menyahut ‘Usst, jangan kaya itu, aku supan. Bediam haja lah, nyaman urang kada tahu, dan kami sabarataan tediam” kata Hj Asmah.

“Aku masih ingat rupa, alhmarhum Kai. Mata sidin berwarna biru, dan rambutnya berwarna kekuning-kuningan. Kai, semasa hidup sidin, rajin sholat” cerita Hj Asmah.

Itulah kenangan Hj Asmah dengan kakek beliau asal negeri Holland,  yang tak lain adalah nenekku. Baberapa minggu ini entah mengapa aku ter bayang negeri Holland ini. Seolah-olah aku sudah merasakan aromanya. Aku berharap, semoga dengan essay writing yang ku kerjakan mengantarkanku ke negeri Holland, yaitu negeri kakek buyut ku. Amin...

On sept 2012

0 komentar:

 

Goresan Biasa Copyright © 2008 Black Brown Art Template designed by Ipiet's Blogger Template