Jumat, 14 Mei 2010

Harapan Hidup Daerah Pesisir Tinggi


Dalam suatu penelitian yang diberitakan oleh salah satu media cetak banjarmasin memaparkan bahwa angka harapan hidup di pesisir lebih tinggi ketimbang di kawasan perkotaan dan pegunungan. Hal itu terbukti setiap tahunnya para penduduk yang bermukim di pesisir semakin meningkat hingga mencapai 64,1 tahun dibandingkan kawasan pegunungan sekitar 63,8 tahun.

Walaupun meraih tingkat tertinggi dalam katogori harapan hidup, namun, kawasan ini dari aspek pendidikan dan pendapatan serta pengeluaran, kawasan pesisir mendapat ringking terendah dibanding kawasan pegunungan dan perkotaan.

Sama halnya dengan tingkat daya beli (konsumsi) kawasan pesisir menunjukkan daya beli yang rendah dibanding di dua kawasan tersebut, yakni Rp611.223, sedangkan kawasan perkotaan dan pegunungan berkisar Rp663.249, Rp624.984.

Oleh karena itu tak heran kalau kita lihat para nelayan sedang menangkap ikan, dengan jumlah perolehan besar ditambah tenaga yang terkuras besar pula tapi tak sebanding dengan jumlah upah/uang yang didapat. Tak ada kalian, bapak-bapak nelayan, kami tak bisa makan ikan...

Referensi:
Harian Mata Banua, Jumat (14/5/10)

0 komentar:

 

Goresan Biasa Copyright © 2008 Black Brown Art Template designed by Ipiet's Blogger Template