Minggu, 29 April 2012

Manfaat Menulis


ciluk baaaa...




Menulislah!!!
selama Anda tidak menulis
engkau akan hilang dari pusaran sejarah
-Pramoeddyaananla tour-








Ternyata menulis itu bukan saja aktivitas menyenangkan. Tapi juga, dapat menyehatkan bagi tubuh. Menurut Endang Solihudin, ada beberapa point manfaat dari menulis, diantaranya: 

Mengurangi Berat Badan
Para peneliti dari Women's Health Initiative menarik kesimpulan bahwa catatan harian tentang makanan yang dikonsumsi membantu menimbulkan kesadaran tentang konsumsi kalori dan asupan lemak. Dan jika Anda mengetahui seberapa banyak yang telah dilahap, akan lebih mudah menguranginya.

Meningkatkan Kualitas Tidur
Ilmuwan di Temple University menemukan bahwa wanita yang menuliskan pengalaman traumatisnya – seperti pemerkosaan atau kecelakaan lalu lintas yang parah - ternyata jarang mengalami sakit kepala, susah tidur, dan gejala depresi dibandingkan mereka yang tidak mau menuliskannya.
Melawan Penyakit
Berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 2002 di Ben-Gurion University Israel, menyimpulkan bahwa mereka yang menuliskan sebuah kejadian yang menjadi beban pikiran, akan mengurangi frekuensi kunjungan mereka ke klinik pengobatan selama l5 bulan ke depan.

Mengurangi Stres

Sebuah studi di Chicago Medical School menemukan bahwa ketika penderita kanker yang kurang diperhatikan keluarganya menuliskan tentang penyakit yang diderita selama 20 menit setiap hari, mereka jadi jarang mengalami stres selama enam bulan berikutnya.

Yuk menulis..








0 komentar:

 

Goresan Biasa Copyright © 2008 Black Brown Art Template designed by Ipiet's Blogger Template