Senin, 03 Oktober 2016

Simbol Doa



Suatu hari saya bertemu dengan teman murid ngaji saya. “nama saya Risaldo” sebut namanya saat memperkenalkan diri. Anak lelaki bermata sipit, berkulit putih kuning, berhidung mancung dan berambut lurus agak tegak, dan dapat ditebak bahwa Risaldo bukanlah anak keturunan pribumi.

“Cita-citamu mau jadi apa Do?” tanya ku

“Aku pengen jadi pemain sepak bola atau menjadi pengusaha sukses. Seperti ayahku, seorang pengusaha” jawabnya

“Tak mau jadi ilmuan?”

“Kata ayahku, menjadi ilmuan akan berumur pendek”
Aku tertawa geli mendengar jawaban itu. Rupanya orentasi anak-anak non pribumi sejak kecil sudah di didik untuk menjadi pembisnis.

“Ustadzah, ustadzah..” kata Risaldo menyebut namaku “Mengapa kaum muslim itu berdoa dengan menengadahkan tangan tidak seperti agama kami yang menggenggam tangan?”

“Doa merupakan permintaan.. massak kita meminta dengan tangan menggenggam, menggenggam tangan bukan kah simbol dari kedinginan. Coba liat.. orang yang sedang kedinginan, dia pasti menggenggam an tangannya”

Anak itu terdiam, entah apa ia pikirkan.

0 komentar:

 

Goresan Biasa Copyright © 2008 Black Brown Art Template designed by Ipiet's Blogger Template