Selasa, 31 Desember 2013

Angle Kehidupan



Jalan-jalan ke kota Banjarmasin, dengan angle berbeda. Kali ini aku berjalan di kawasan sentra antasari. Menyelusuri pertokoan-pertokoan kosong di belakang mesjid besar, Miftahul Ihsan. Ini bukanlah sekadar berjalan  biasa, ada yang ingin ku cari di sekitar komplek pertokoan tersebut. Di temani paman dan istri beliau, ditambah gerimis hujan yang turun, aku berjalan mengiringi mereka. 

Dalam jalan-jalan tersebut aku melihat beberapa keluarga yang tinggal di pertokoan yang masih kosong. Satu toko dihuni 4 orang namun ada juga yang lebih. Mereka memandangi kami, ada yang tersenyum dan adapula yang acuh. Ada juga yang sibuk memasak di depan toko dengan peralatan seadanya. 

Menurut warga setempat, mereka merupakan pendatang dari luar daerah. Merantau ke kota Banjarmasin, untuk mengubah nasib hidup dari kampung. Memang setiap kota besar, akan menemui hal seperti ini. Akan tetapi, untuk di Indonesia, kasus seperti ini banyak terjadi, terutama di ibukota, salah satunya di kota Banjarmasin. Banyak pekerjaan real biokrasi pemerintah, bagaimana mengubah keadaan ini menjadi lebih baik. Walaupun sudah berbuat, namun terlihat belum maksimal. Karena masih ada nasib orang-orang terlantar seperti mereka yang belum tertangani. Bukan sekadar menyetor PAD atau membuat dan mengajukan anggaran untuk kesejahteraan, tapi seharusnya, distribusinya memang benar-benar harus dijalankan sesuai target sasaran, dan bukan untuk diselewengkan dengan data yang fiktif. 

Namun, yang terpenting dari semua itu, bagaimana empati dan simpati kita ketika melihat titik dari angle kehidupan ini. Apa yang harus kita lakukan untuk mereka. Diam, atau malah mencaci maki, atau memberi komentar tanpa ada aksi konkrit. Apa yang harus kita lakukan untuk merubah keadaan. Yang pasti perubahan itu terjadi bermula dari kesadaran pribadi sendiri. Karena orang-orang yang terlantar adalah manusia, dan kita adalah manusia, dimanakah rasa kemanusian itu berada?

catatan bulan tahun december 2012

0 komentar:

 

Goresan Biasa Copyright © 2008 Black Brown Art Template designed by Ipiet's Blogger Template